Ini Dia Makna Dan Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Yang Jatuh Pada Tanggal 12 Desember 2016

0

Awal Mula Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Trentekno.com – Ini Dia Makna Dan Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Yang Jatuh Pada Tanggal 12 Desember 2016. Acara untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan Maulid Nabi memang sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri bagi umat Islam yang berada di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Untuk bisa memperingati Maulid nabi pada 12 Rabiul Awal sudah menjadi suatu momen tersendiri untuk bisa membangkitka semangat serta bisa menjaga semangat Nabi dalam diri umatnya.

Walaupun sudah menjadi tradisi, namun masih banyak perbedaan pendapat tentang kapan sebenarnya Maulid Nabi Muhammad SAW mulai diperingati oleh seluruh umat Islam. Banyak yang berpendapat jika Maulid Nabi Muhammad SAW pertama kali muncul pada zaman Shalahudin al-Ayyubi (1193 M). yang bisa pula disebut dengan Shalahudin yang menganjurkan perayaan Maulid nabi untuk membangkitkan jihat kaum muslim. Saat itu dirinya beserta dengan umatnya memang sedang berada dalam fase berperang untuk melawan tentara salib.

Namun masih banyak pihak yang masih memperdebatkan, ada pihak yang menolak jika Shalahudin yang mempelopori peringatan Maulid nabi, karena memang tidak ditemukan dalam sejarah manapun yang menerangkannya. Namun ada beberapa pakar sejarah Islam yang juga memiliki pendapat, jika maulid nabi ini dipelopori oleh Dinasti Ubadiyyun atau yang biasa dikenal dengan Fatimiyah. Al Maqrizi, yang merupakan salah satu tokoh sejarah yang mengatakan, jika para khalifah Fatimiyah memiliki banyak perayaan setiap tahunnya.

Sedangkan pada awal mulanya memang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk bisa memberikan semangat kepada seluruh umat Islam yang sedang dalam masa perjuangan melawan tentara Perang Salib. Bukan hanya itu saja alasan diadakannya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga ditandai sebagai pengingat hari kelahiran Nabi Muhammad. Yang mana beliau lahir pada tanggal 2 Robiul Awal Tahun Gajah. Beliau merupakan putra pasangan dari Abdullan dan Siti Aminah. Nabi lahir di Kota Makkah, kurang lebih 200 meter dari Masjidil Haram. Pada saat kelahirannya yang memang bertepatan dengan perang gajah. Perang yang dimana pasukan membawa kendaraan gajah.

Sementara nilai yang terkandung dalam Maulid Nabi Muhammad SAW yakni, Nilai Spiritual yang mana dengan ikut memperingati Maulid Nabi Muhammad SAw, seluruh umat muslim juga meningkatkan rasa cintanya pada sang tauladan, bukan sebagai rasa hormatnya saja kepada nabi. Nilai Moral umat muslim juga bisa mengambil pembelajaran dan juga hikmash tersendiri atas kisah teladan sang nabi, dan juga bisa ikut mengamalkan nilai terpuji dalam kehidupan. Nilai Sosial yang dimaksudkan adalah dimana biasanya setiap perayaan pasti diwarnai dengan pemberian sedekah kepada fakir miskin atau siapa saja yang membutuhkan.

Ini Dia Makna Dan Sejarah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Yang Jatuh Pada Tanggal 12 Desember 2016

Share On